Wisata Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah salah satu destinasi wisata favorit di kota Malang yang menyimpan keindahan panorama alam yang luar biasa. Daya tarik Pulau Sempu terletak pada keindahan danaunya yang terletak persis di tengah-tengah pulau yang terbentuk dari air laut yang masuk melalui celah-celah tebing. Pasirnya yang berwarna putih dan bersih semakin membuat para pengunjung betah menikmati dan mengabadikan keindahan Pulau Sempu.

Pulau dengan luas 877 hektar tersebut dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA). Untuk mencapai bibir danau, kita harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2.5 km melintasi hutan yang lebat dan penuh dengan lumpur. Bahkan terkadang kita harus merunduk atau meloncati batang pohon yang tumbang tepat di atas jalan setapak yang kita lalui. Di Pulau Sempu Malang ini terdapat beberapa tumbuhan seperti Bendo, Triwulan, Wadang, Ketapang, Waru Laut, dan Pandan yang dapat kita jumpai selama perjalanan.

Berpetualang ke Pulau Sempu di Malang akan memberikan pengalaman berbeda dari wisata alam lainnya. Pasalnya, untuk dapat menikmati keindahan pulau ini pengunjung harus melalui tantangan perjalanan selama 2 hingga 3 jam melewati hutan yang lebat, menyusuri jalan setapak yang curam dan dipenuhi dengan batu-batu karang yang tajam. Terutama jika musim hujan, medan perjalanan akan semakin ekstrim untuk ditempuh.

Dengan menjelajahi Pulau Sempu, pastinya siapapun yang datang akan mendapatkan pengalaman petualangan yang berkesan di hati. Mengunjungi Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu sambil mendirikan kemah untuk bermalam di tepi laguna dengan suasana intim di tengah hutan tropis yang lebat. Berenang di sekitaran laguna yang tenang serta bermain di tepiannya tentunya adalah pengalaman mengesankan selama berada di Pulau Sempu.

Menyesuri jalan setapak ditengah hutan tropis Pulau Sempu, merupakan salah satu pengalaman yang mengasyikan. tidak jarang dalam perjalanan pengunjung akan mendapati jaan setapak yang berliku, menanjak dan curam. Adakalanya harus melompat atau pun menerobos dari setiap batang pohon yang berada di tengah jalan setapak ini.

Medan jalannya akan semakin menantang pada saat musim hujan karena tanahnya menjadi sangat licin. Karena itu ketika ingin menembus Pulau Sempu lebih baik dilakukan tidak pada saat musim hujan.

Namun, ketika sampai di danau Segara Anakan rasa lelah selama perjalanan menembus hutan di Pulau Sempu ini akan hilang seketika terbawa angin dan melihat indahnya hamparan pasir putih dengan air nya berwarna biru nan jernih juga dikelilingi oleh tebing-tebing sebagai benteng dari terjangan ombak besar yang berasal dari Samudera Hindia.

Danau atau Segara Anakan yang berada di tengah-tengah Pulau Sempu ini terbentuk dari terjangan ombak dari arah selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Tebing inilah yang menjadikan Segara Anakan sebagai danau dengan pasirnya yang putih dan airnya yang tenang.

Di tempat ini siapapun bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti bermain bola, volley ataupun berjemur di bawah matahari. Bahkan di Segara Anakan ini pengunjung dapat menginap mendirikan tenda di tepi danau sambil memandangi bintang-bintang malam.

Di sebelah kiri Segara Anakan cobalah untuk memanjat ke tebingnya. Di tempat inilah terdapat yang eksotis menghadap lautan lepas pantai ke arah Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa. Dari tebing ini bisa terlihat dari kejauhan pulau karang yang mengapung diatas laut darterdapat kami menemukan sebuah pemandangan yang eksotis menghadap lautan lepas pantai ke arah Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa.